Banner
jardiknas
Login Member
Username:
Password :
Jajak Pendapat
Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
Ragu-ragu
Tidak
Ya
  Lihat
Bagaimana menurut Anda tentang tampilan website ini ?
Bagus
Cukup
Kurang
  Lihat
Statistik

Total Hits : 1209095
Pengunjung : 218820
Hari ini : 10
Hits hari ini : 15
Member Online : 29
IP : 3.235.66.217
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

elhazain    
Agenda
06 April 2020
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

SEKILAS TENTANG POLA PENDIDIKAN DI SIT AL KHAIR BARABAI

Tanggal : 12/17/2019, 08:09:46, dibaca 126 kali.

Kami menerapkan pola pendidikan yang beracuan kepada ajaran Agama Islam. yang berupa menanamkan kebiasaan serta Akhlaq yang baik untuk anak-anak kita, yang biasa dikatakan orang sebagai “Adab dulu Sebelum Ilmu”


Pola ini di ambil dari Al Qur’an dan As Sunnah, yang berarti kita hidup, kita belajar, berdampingan dengan Al Qur’an dan As Sunnah, menjadikan sebagai petunjuk hidup agar dapat menuju Syurga Nya. Menjadikan Islam sebagai kekuatan yang utuh menyeluruh dalam semua aspek kehidupan.


Pendidikan di Al Khair menyama ratakan Mata Pelajaran Umum dan Mata Pelajaran Agama Islam. Artinya semua mata pelajaran dan kegiatan di sekolah tidak terlepas dari bingkai ajaran dan pesan -pesan nilai islam di dalamnya baik yang tersurat maupun tersirat.


Pelajaran yang diberikan sangat lengkap. Berupa pendidikan dasar umum dan pendidikan agama. Dan Ekstrakurikuler yang disediakan pun cukup beragam. Pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia/ Inggris, IPA, IPS, Matematika, Pendidikan Jasmani/ kesehatan, Prakarya, seni budaya, dll semuanya dibingkai dengan pijakan, pedoman, dan panduan islam. Sementara dalam pelajaran agama, kurikulum diperkaya dengan pendekatan konteks kekinian dan kemanfaatan, dan kemaslahatan.


Pelajaran yang lainnya berkaitan dengan keislaman ada disediakan mata pelajaran pendidikan alqur’an, materi tentang tajwid, tahsin, dan menghafal alquran, serta juga disisipi dengan nilai nilai keislaman, pesan-pesan moral yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari anak-anak. Sedangkan untuk ekstrakurikulernya juga ada salah satunya bernama Mata Air (Madrasah Tahfidz Al Khair). Di sini anak-anak juga dibantu dalam proses menghafal al quran dan juga belajar tahsin.


Dengan cukup padatnya pelajaran dan mengajarkan keterpaduan nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, maka konsep SDIT  memang full day school. Anak-anak berada di sekolah dalam waktu yang panjang hingga sore hari.


Bukan hanya belajar di dalam ruangan, tapi konsep belajar di luar kelas pun juga diterapkan. Anak-anak akhirnya tidak selalu merasa bosan dengan kondisi kelasnya. Guru-gurunya pun harus selalu kreatif, dan inovatif dalam mentransfer ilmu-ilmu dan mengembangkan bakat anak. Sholat wajib dan sholat sunnah Dhuha juga dilaksanakan secara berjamaah. Saat belajar Al Qur’an, juga disediakan guru-guru khusus yang mengajarkannya. Bukan sekedar membaca tapi benar-benar diajarkan secara detail cara membaca yang benar sesuai tajwid dan tahsinnya.


Di SIT Al Khair Barabai, peran aktif pun juga melibatkan para orang tua, tidak hanya menitiberatkan kepada para pengajar di sekolah. Forum Silaturahmi Orang Tua Guru (FSOG) salah satu wadah yang menampung hubungan antara guru dan orang tua. Peran tersebut diantaranya berkaitan dalam menyiapkan anak, membimbing serta mendampingi anak dalam menjalani tiap aktivitas sekolah. Karena bagaimanapun, transfer adab dan ilmu yang diberikan di sekolah dengan maksimal, tanpa teladan orang tua di rumah, maka akan terjadi ketimpangan adab dan ilmu. Karena orang tua adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya.



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
Komentar FB
Komentar Standar

Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :
 
Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas